Ini nih ada lagi jenis psikotes yang lain. Namanya IST – Intelligence Structure Test. Gue dua kali nemu tes ini. Waktu psikotes di bank dan psikotes di sekolah internasional. Tes IST terdiri dari beberapa tes, seinget gue ya:

1. Tes Pengetahuan Umum
2. Tes Analog Verbal
3. Tes Matematika
4. Tes Deret Angka
5. Tes Bangun 2D dan 3D
6. Tes Ungkapan Makna
7. Tes Hafalan

Pokoknya kalo udah ketemu IST dijamin selesainya lama. Nggak begitu susah kok, yang penting konsentrasi aja.

1. Tes Pengetahuan Umum
Umum banget, kira kira ada dua sampe tiga soal yang kurang umum. Kayak:

“Berapa panjang uang Rp 50.000,-?”
“Berapa diameter uang Rp 500,-?”
“Manakah dari pilihan kota di bawah ini yang letaknya paling Selatan?”
“Berapa rata-rata tinggi badan anak usia 10 tahun?”

Pas gue liat pertanyaan-pertanyaan itu gue yang, “seiseng-isengnya gue, nggak pernah sampe iseng ngukurin panjang duit gobanan.” Jadi gue jawab pertanyaan di atas pake jurus kira-kira dan jurus ‘kayaknya’.

2. Tes Analog Verbal
Lihat gambar di bawah

Ngerti kan? sama kayak tes TPA SNMPTN, menganalogikan satu kata benda dengan kata benda lainnya.

3. Tes Matematika
Di mata gue, tidak ada matematika yang gampang. Tapi ini lumayanlah bisa diatur. Kira kira yang nggak keisi 5 nomor. Ini contohnya, 5 nomor paling atas emang segampang itu, yang ke bawahnya lailaaah…die.

4. Tes Deret Angka
Ini juga ada di tes TPA SNMPTN. Bingung jelasinnya, pokoknya contohnya kayak di bawah. Gampang.

5. Tes Bangun 2D dan 3D
Ini nih!!! Terlemah gue setelah matematika. Susah banget gue tuh ngebayang-bayangin bangun ruang. Mikirnya lama. Lamaaaaa sekali, seringnya gagal.

Untuk yang 2D disediain 5 pilihan jawaban. Nanti soalnya ada gambar satu bentuk yang udah dislice gitu, dipecah-pecah. Nah kalian bayangin kalo pecahan pecahan itu digabung bakal jadi bentuk utuhnya kayak gimana.

Kalo yg 3D atau bangun ruang, dikasih gambar kubus. Tiap permukaannya dikasih gambar beda-beda sampe 5 pilihan jawaban. Jadi nanti di soal ada kubus yang harus kalian puter kanan, kiri, depan, belakang, tebalikin atas, bawah di dalam imajinasi kalian sendiri sampe nemu posisi yang cocok di pilihan jawaban yang disediakan. Seperti di bawah ini:

6. Tes Ungkapan Makna
Ini juga gampaaaang. Pokoknya sekreatif kalian aja jawabnya. Tuh contohnya kayak di bawah.

7. Tes Hafalan
Tes terakhir. Ada 5 kategori yang masing-masing terdiri dari 4-5 sub ketegori. Kalian harus hafalkan selama 3 menit. Kayak gini contohnya:

Tips: HAFALIN HURUF DEPANNYA AJA. Misal di kategori bunga ada melati, anggrek, soka, yasmin ngafalnya: Bunga – M.A.S.Y. Udah cukup. Karena nanti pertanyaannya kayak begini

“Yang huruf depannya -M- masuk kategori apa?”

Bodo amat kalimat tanyanya gue bikin sendiri. Lupa kalimat yang baik dan benarnya kayak gimana. Iya gitu doang dari awal sampe akhir pertanyaannya sama, cuma diganti huruf aja.

Gampang kan? Gampang lah yang penting konsentrasi. Tidur yang cukup. Paginya sarapan. Udah itu aja. Semoga berhasil 🙂

Leave a Reply